No image available for this title

Printed Material

Kewirausahaan: Teori dan Praktek



Laporan Bank Dunia akhir-akhir ini menyatakan bahwa tingkat pendapatan kotor nasional per kepala (GNP per capita) penduduk Indonesia adalah di bawah US $ 600,-. Dalam arti tertentu ini mencerminkan rendahnya tingkat pertumbuhan ekonomi nasional. Dan hal ini memang dipengaruhi oleh berbagai hal, antara lain masalah dana pembangunan yang tinggi, belum lagi faktor sosial budaya bangsa Indonesia yang belum begitu siap menyongsong tuntutan pembanguan. Kalau ditelusuri lebih lanjut, tingkat pendapatan kotor per kepala itu pun belum mencerminkan tingkat pemerataan pendapatan yang real. Yang kini menjadi soal besar ialah bagaimana bangsa dan negara kita ini dapat semakin menyebarkan dan memperluas suku usaha yang kian merata, agar mampu menaikkan pendapatan dan taraf hidup manusia Indonesia.

Salah satu upaya yang kini ditempuh ialah menciptakan peluang dan mendorong tumbuhnya semangat wirausaha pada masyarakat Indonesia. Sebab para wirausaha inilah yang mampu menciptakan lapangan kerja baru, agar menyerap tenaga kerja baru yang lebih banyak, sehingga pada gilirannya terciptalah pemerataan pendapatan.

Salah satu ciri khusus yang menonjol dari setiap wirausaha ialah sikap berani mengambil risiko yang telah diperhitungkan dengan cermat dan kesukaan menghadapi tantangan-tantangan yang berat. Umumnya para wirausahawan mempunyai sikap percaya diri yang kuat dan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat. Karena dituntut untuk mampu mimpin dirinya sendiri dan usahanya maka menjadi wirausaha berarti harus dapat memadukan perwatakan pribadi, sumber daya keuangan dan sumber-sumber lain yang ada dalam diri sendiri dan lingkungan sekitar. Mereka juga harus tampil mengantisipasi peluang-peluang potensial yang ada untuk dikembangkan dan direalisasikan. Untuk itu mereka harus menggunakan waktu seefisien mungkin. Dan ini hanya menjadi kenyataan jika ditopang oleh manajemen yang baik dan canggih.

Buku KEWIRAUSAHAAN ini lahir dari tangan para ahli ILO, yang selama puluhan tahun menjadi penasihat dan konsultan ahli pengembangan wirausaha di berbagai negara berkembang. Pada buku ini dibagi atas tiga bagian. Bagian I memaparkan perwatakan dan perilaku para wirausaha. Bagian II secara khusus menyoroti segi-segi keuangan; sedang bagian III meliput aspek-aspek ekstrem kewirausahaan.

Mudah-mudahan buku yang lahir dari sari-sari riset ini memberi manfaat yang besar kepada para (calon) wirausaha kita.



Ketersediaan

30895ABJ MerGeneral (General)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Seri Manajemen Strategis No. 1
No. Panggil
ABJ Mer
Penerbit Pustaka Binaman Pressindo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 281 p. : 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-442-096-4
Klasifikasi
ABJ
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this