Detail Cantuman
Advanced SearchPrinted Material
Manajemen organisasi seni pertunjukan
Banyak organisasi seni pertunjukan yang secara artistik sangat bagus, namun pada akhirnya bubar. Tidak kurang pula organisasi seni pertunjukan yang hidup enggan mati tak mau. Padahal keberadaan organisasi seni pertunjukan sangat dibutuhkan untuk memberi hiburan pada masyarakat luas, tempat para seniman mengekspresikan diri maupun mencari penghidupan, melestarikan kesenian, serta untuk menunjang sektor pariwisata. Umumnya, kegagalan organisasi seni pertunjukan karena tidak dimanajemeni dengan baik. Apabila dimanajemeni dengan baik, organisasi seni pertunjukan bukan hanya akan memberi manfaat besar bagi masyarakat luas, tetapi juga para seniman itu sendiri.
Buku ini hadir menawarkan pendekatan, metode, dan teknik untuk memanajemeni organisasi seni pertunjukan di Indonesia. Pendekatan, metode, maupun teknik yang disajikan dalam buku ini didasarkan atas studi dan pengamatan terhadap organisasi-organisasi seni pertunjukan di Indonesia maupun di luar negeri selama lima tahun dan telah diuji dalam bentuk pelatihan dan konsultansi terhadap organisasi-organisasi pertunjukan di seluruh Indonesia.
Cakupan pembahasan dalam buku Manajemen Organisasi Seni Pertunjukan adalah :
* Profil organisasi pertunjukan di Indonesia.
* Konsep dasar manajemen organisasi seni pertunjukan.
* Manajemen stratejik
* Manajemen pemasaran
* Manajemen keuangan
* Manajemen proyek
* Penggalangan dana
Karena ditulis dengan bahasa yang sederhana, buku ini mudah dipahami oleh mereka yang belum bersentuhan dengan ilmu manajemen sekalipun. Para seniman pertunjukan atau mereka yang bergiat dalam organisasi seni pertunjukan bisa menelaah dengan mudah isi buku ini karena contoh-contoh yang disajikan sangat akrab dengan dunia seni pertunjukan. Selain para seniman pertunjukan dan pengelola organisasi seni pertunjukan, buku ini juga sangat penting untuk dibaca oleh para mahasiswa dan akademisi seni.
DAFTAR ISI
1. PROFIL ORGANISASI SENI PERTUNJUKAN DI INDONESIA
Pengertian organisasi seni pertunjukan
Klasifikasi organisasi seni pertunjukan
2 . KONSEP DASAR MANAJEMEN ORGANISASI SENI PERTUNJUKAN
Manfaat berorganisasi
Manfaat manajemen
Organisasi dan manajemen seni pertunjukan
Perencanaan organisasi
Pengorganisasian kegiatan
Pengarahan anggota
Pengendalian kegiatan
3. PERENCANAAN STRATEJIK
Manfaat perencanaan stratejik
Kerangka kerja perencanaan stratejik
Identifikasi harapan stakeholder
Perumusan misi dan visi
Penentuan ukuran keberhasilan
Analisis SWOT
Penetapan sasaran jangka panjang
Penetapan strategi jangka panjang
Penyusunan program implementasi strategi
4. MANAJEMEN PROYEK
Pengertian proyek
Perencanaan proyek
Pengendalian proyek
5. MANAJEMEN PEMASARAN
Falsafah pemasaran
Kegiatan pemasaran
Langkah-langkah dalam pemasaran
Penentuan sasaran pemasaran
Penentuan posisi
Audit pemasaran
Pengembangan rencana pemasaran
Pengembangan kampanye promosi
6. MANAJEMEN KEUANGAN
Pengertian manajemen keuangan
Manfaat mengelola uang
Masalah Keuangan dalam organisasi
Laporan keuangan
7. PENGGALANGAN DANA
Pengertian fundraising
Diskripsi program dan proyek
Identifikasi sumber dana
Penelitian sumber dana
Penentuan metode fundraising
Pelaksanaan fundraising
Pembinaan hubungan dengan donatur
Evaluasi fundraising
Penulisan proposal
8. DAFTAR ISTILAH
9. DAFTAR RUJUKAN
Ketersediaan
31734 | KWAB/LCN Man | Reference (Reference) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
32168 | KWAB/LCN Man | Reference (Reference) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
Seri Umum No. 4
|
---|---|
No. Panggil |
KWAB/LCN Man
|
Penerbit | Penerbit PPM : Jakarta., 2003 |
Deskripsi Fisik |
viii, 176 p. : refs., 21 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
979-442-137-5
|
Klasifikasi |
KWAB/LCN
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain