No image available for this title

Printed Material

Berkomunikasi dengan karyawan : kiat menangani masalah karyawan melalui komunikasi yang efektif



Banyak perusahaan yang mengurangi lapisan para manajer dan karyawannya, mencoba berbagai pendekatan baru untuk meningkatkan produktivitasnya. Manajemen sepertinya ingin mengurangi jumlah karyawan dan pada saat yang sama memberikan tanggung jawab yang lebih besar bagi para karyawannya.

Saat ini kontrak tradisional pimpinan-karyawan yang mengutamakan masa kerja yang lama (senioritas) telah lenyap, sebagai akibat dari pengurangan karyawan, perampingan dan/atau penyelarasan kembali organisasi perusahaan. Perusahaan mendapati karyawan yang sinis, tidak komit, dan tidak puas pada tugasnya, yang sengaja bekerja berlambat-lambat untuk membuat jam kerja yang lebih panjang dan banyak penghasilannya yang dipertaruhkan dalam program insentif.

Komunikasi karyawan bisa membantu mengubah situasi ini sepenuhnya. Komunikasi merupakan perekat yang dapat menyatukan kembali lingkungan kerja yang tercabik-cabik. Komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan dalam perusahaan dan buku ini memberikan jawabannya. Buku ini antara lain membahas :

- Bagaimana mengembangkan program komunikasi dalam tujuh langkah mudah
- Bagaimana menangaji berbagai masalah SDM yang sensitif secara taktis dan jelas
- Media mana yang paling sesuai dengan pesan yang akan disampaikan
- Bagaimana mendobrak kebuntuan dan hambatan komunikasi yang bersumber dari para manajer.

Berkomunikasi dengan karyawan tidak seperti kebanyakan buku lain. Buku ini dibuat dalam format belajar mandiri (self study) yang memacu pembaca untuk terlibat secara pribadi. Di dalamnya terdapat banyak latihan, kegiatan. penilaian, serta kasus dan, oleh karenanya, cocok dipakai untuk belajar perorangan, pelatihan dan seminar, ataupun kelompok belajar informal.

Buku ini dapat anda gunakan untuk menganalisis komunikasi dalam perusahaan anda dan kemudian membuat sebuah rencana yang akan menolong anda mencapai tujuan-tujuan bisnis perusahaan anda.

DAFTAR ISI

PENDAHULUAN

BAGIAN I: MELAKUKAN AUDIT KOMUNIKASI
Kebutuhan komunikasi yang berubah
Manajer: dimana biasanya komunikasi tersendat
Angkatan kerja yang berubah
Komunikasi organisasi yang baik: sebuah manfaat yang besar
Komunikator profesioanl yang baru
Menganalisis keadaan di perusahaan anda

BAGIAN II: PERENCANAAN KOMUNIKASI ORGANISASI YANG
BERHASIL
Membuat program komunikasi anda
Penetapan patolan standar komunikasi
Melibatkan karyawan
Komunikasi sumber daya manusia
Mendorong umpan balik
Mengevaluasi program komunikasi

BAGIAN III: KOTAK PERALATAN KOMUNIKASI YANG BARU
DI PERUSAHAAN ANDA
Dampak teknologi baru
Agar kata-kata bisa keluar

LAMPIRAN
Survei komunikasi karyawan


Ketersediaan

32036FJ CorReference (Reference)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
32055FJ CorReference (Reference)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
Seri panduan praktis no. 36
No. Panggil
FJ Cor
Penerbit Penerbit PPM : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xi, 99 p. : 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-442-155-3
Klasifikasi
FJ
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this