Image of WNI keturunan Tionghoa dalam stabilitas ekonomi da

Printed Material

WNI keturunan Tionghoa dalam stabilitas ekonomi da



Dalam kurun puluhan tahun, WNI keturunan Tionghoa selalu menjadi sorotan tajam di negeri ini. Mereka sering dipersulit saat mengurus berbagai dokumen, dilecehkan, disudutkan, dan dijadikan kambing hitam ketika masalah-masalah berbau rasialis mencuat di negara kita.
Kita lupa bahkan mengabaikan bahwa WNI keturunan Tionghoa juga hidup, berpikir, bekerja, dan berbuat sesuatu demi negeri ini. seperti halnya suku-suku lain, diantara mereka ada yang sangat kaya, kaya, menengah, sederhana, miskin, dan sangat miskin. Di daerah perkotaan terlihat mereka hidup berkecukupan, bahkan ada yang kaya-raya dan superkaya. Namun, kenyataan juga memperlihatkan bahwa WNI Tionghoa banyak yang hidup sederhana atau bahkan miskin, seperti mereka yang bekerja sebagai nelayan di daerah Tangerang, Sumatera Utara, Riau dan Bangka, sebagai tukang becak, kuli, sopir angkot, pesuruh, pekerja-pekerja kasar di daerah Kalimantan Barat. Namun, mereka semua berusaha berkontribusi dan menorehkan nama baik untuk negara yang mereka cintai melalui berbagai cara. Fakta-fakta itu perlu diinformasikan kepada segenap anak bangsa Indonesia.
Buku ini berusaha memotret kehidupan WNI keturunan Tionghoa secara objektif dan apa peranan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga bermanfaat bagi proses persatuan dan kesatuan yang lebih kokoh bagi Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, asa Bhineka Tunggal Ika, dan falsafah negara kita yang berdasarkan Pancasila.


Ketersediaan

34314JA 552 SuhGeneral (General)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
JA 552 Suh
Penerbit Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxi, 428 p.: figs. ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-22-4152-5
Klasifikasi
JA 552
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this