No image available for this title

Perancangan balanced scorecard PELNI shipping agen



Kondisi persaingan antar moda transportasi saat ini yang
semakin kompetitif, telah membuat manajemen PELNI mengambil langkah-langkah
strategis agar dapat terus bertahan bahkan berkembang. Salah satu langkah tersebut
adalah menetapkan Divisi Keagenan sebagai unit bisnis strategis Pelni Shipping
Agencies. Penetapan tersebut bertujuan agar kinerja Pelni Agencies dapat
optimal dan memberikan kontribusi ke PELNI. Dengan perlu adanya pengukuran
kinerja dan pemetaan strategi Pelni Shipping yang sesuai dan efektif. Oleh
karena itu, penulisan tesis ini mengangkat balanced scorecard Pelni Shipping
Agencies untuk tahun 2012-2015 terdiri dari empat perspektif yaitu keuangan,
pelanggan, proses bisnis, serta pembelajaran dan pertumbuhan.

 


Berdasarkan hasil analisis eksternal diketahui salah satu
peluang perusahaan semakin meningkatnya kapal-kapal kargo yang masuk seiring
dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan peningkatan jumlah impor barang yang
masuk ke Indonesia. Selain itu, Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata
memberikan peluang dengan semakin banyaknya jumlah kapal turis yang berkunjung.
Sedangkan, salah satu ancaman terbesar perusahaan adalah banyaknya
perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keagenan kapal. Hal ini
tentu saja harus diwaspadai dan diantisipasi oleh Pelni Shipping Agencies
dengan memperkuat dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Jaringan luas ke
seluruh wilayah Indonesia menjadi salah satu kekuatan Pelni Shipping Agencies
yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya. Hal ini merupakan keunikan tersendiri
yang dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi Pelni Shipping Agencies. Dengan
menggunakan tipologi geneic strategy Porter, maka Pelni Shipping Agencies dapat
mengembangkan strategi diferensiasi. Perusahaan perlu untuk menemukan solusi
agar dapat meminimalkan bahkan menghilangkan kelemahannya. Salah satu
kelemahannya adalah produk pelayanan yang standar atau sama dengan pesaing dan
pengambilan keputusan yang membutuhkan waktu lama akibat birokrasi yang rumit.

 



Rancangan balanced scorecard Pelni Shipping Agencies
dengan mengembangkan sasaran-sasaran strategis di empat perspektif, yaitu : 1)
Perspektif keuangan : peningkatan laba bersih, pertumbuhan pendapatan dan efisiensi
biaya; 2) Perspektif pelanggan : meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan
pelanggan loyal, meningkatkan profitabilitas per pelanggan dan meningkatkan
pangsa pasar; 3) Perspektif proses bisnis internal : kemitraan dengan pemasok
dan instansi terkait meningkat, kecepatan merespon permintaan kapal meningkat,
ketepatan waktu melayani kapal meningkat, kenyamanan pelanggan meningkat,
hubungan baik dengan pelanggan terjalin, tersedianya pelayanan one stop
handling dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan meningkat; 4)
Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan: meningkatnya kapabilitas SDM dan
terbentuknya budaya kerja perusahaan.






Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit PPM School Of Management : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 96 p. : 28 c.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this