No image available for this title

Pengembangan produk layanan mobile content PT Exce



PT. Excelcomindo Pratama Tbk. ("XL" atau "Perseroan") didirikan pada tanggal 6 Oktober 1989 dengan kegiatan utama usahanya sebagai penyelenggara jasa teleponi dasar. Semenjak akhir tahun 2006 lalu, prospek bisnis dari mobile marketing akan menjadi tren dalam beberapa waktu yang akan datang di Indonesia. Menyadari akan prospek dan risiko dari layanan ini, dirasa XL perlu menggarap mobile marketing dengan lebih serius, dengan menggunakan platfurm yang lebih terintegrasi dan sistem yang terstruktur, serta melibatkan seluruh layanan seluler yang ada. Dalam penyajiannya layanan mobile marketing pada pelanggan, masih dalam skala sederhana dan sifatnya yang hanya sebagai properti layanan.

Melihat usaha PT Excelcomindo Pratama Tbk dalam memulai pengembangan layanan mobile marketing khususnya pada layanan mobile content, diawali  proses new development product, yaitu tahapan pengumpulan gagasan dari sumber utama (primer), berupa hasil kuesioner dan sumber informasi tambahan lainnya (sekunder). Diketahui telah diperoleh sebuah gambaran mengenai kebiasaan pengguna layanan mobile content di telepon selular. Dimana tiga gagasan terbesar yang dihasilkan dari tahapan Idea Generation, yaitu Layanan Informasi Hiburan, Layanan Chatting, dan Layanan Ring Back Tone.

Pada tahapan berikutnya, yaitu pemilihan gagasan menghasilkan sebuah ide lanjutan, yaitu "Seputar Informasi Hiburan", dengan telah terlebih dahulu merujuk pada kriteria intemal maupun dari kriteria eksternal. Ide yang telah dipilih didasarkan dengan melihat mayoritas dari hasil kuesioner, yaitu target market memilih pilihan informasi hiburan yang masih sangat dibutuhkan oleh kaum anak muda pada usia 13-24 tahun. Pada rangkaian proses berikutnya adalah tahapan rencana konsep (Concept Development) produk, yang merupakan cetak biru atau panduan yang dapat diikuti sepanjang proses pengembangan produk. Pengembangan konsep ini, dinamakan dengan "Layanan Mobile Content Seputar Dunia Hiburan".

Sejalan dengan rencana ke depan XL, yaitu ingin memperkenalkan suatu layanan baru yang diperuntukkan bagi segmen anak mudq dimana sekarang cenderung lebih mobile dan selalu ingin keep-up date information, maka direkomendasikan kepada perusahaan untuk segera memulai mengakomodasi keinginan para konsumen, khususnya di kalangan usia mud4 untuk meluncurkan layanan mobile content yang bertemakan seputar dunia hiburan, dengan pembagian: aplikasi SMS pada semua pelanggan, dan pada Smartphone dapat ditampilkan aplikasi yang lebih bervarian, dengan menampilkan gambar, dan lebih detail. Agar pengembangan layanan mobile content dapat berjalan dengan baik serta dapat ditujukan kepada target market yang tepat, sebaiknya terlebih dahulu perusahaan melakukan pembenatran database pelanggan, prabayar khususnya" untuk terus update informasi identitas pelanggan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
760 BDC/BAD Joy
Penerbit PPM School Of Management : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi; 95p. : tabs; ills; apps; ref .; 28 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
760 BDC/BAD
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this