No image available for this title

Pengembangan model kesiapan berubah





Dalam menghadapi tantangan dan persaingan bisnis yang intens
setiap organisasi bisnis dituntut untuk selalu siap berubah dan bahkan menjadi
inisiator dari perubahan pada lingkungan
, yang diharapkan akan memampukan perusahaan beradaptasi, bertahan atau bahkan memenangkan persaingan. Dalam kurun waktu
sekitar lima tahun terakhir
, ada tiga perusahaan
televisi swasta di Indonesia yang melakukan perubahan transformasional di tingkat korporat.
Pada organisasi yang seperti  ini  seharusnya  resistensi
 tidak
 sama
 dengan  nol  dan  bahkan  tinggi
, sehingga insiatif perubahan menjadi
tidak mudah untuk diimplementasikan. Akan tetapi pengalaman perubahan transformasional korporat pada tiga televisi swasta nasional  menunjukkan
 hasil
 yang  berbeda
.  Perubahan  di  ketiga  perusahaan televisi swasta nasional tersebut berhasil
diimplementasikan dan memberi hasil berupa peningkatan kinerja perusahaan yang sangat positif.




Penelitian ini dilakukan dengan tujuan:
 1) Menemukan atribut individu

yang signifikan dan  dominan berpengaruh  positif  terhadap Kesiapan  Berubah pada organisasi bisnis televisi
di Indonesia yang berhasil
mengimplementasikan perubahan   transformasional   korporat,   2)   Menghasilkan   rancangan 
 model hubungan natur
e of industry dengan
atribut individu dan Kesiapan Berubah, 3) Menghasilkan rancangan model hubungan antara atribut individu
pemimpin dan pelaksana  dalam  pembentukan  kesiapan  berubah  dan  pengembangan  model Model Kesiapan Berubah pada perspektif atribut individu
untuk organisasi bisnis televisi di Indonesia yang mengalami perubahan
transformasional korporat, dan 4) Menghasilkan 
altematif  bentuk  intervensi
 yang
 sesuai
 untuk
 pengembangan
atribut individu dari kesiapan berubah organisasi bisnis
televisi di Indonesia
yang mengalami perubahan transformasional korporat.




Berdasarkan  hasil
 studi
 kualitatif
 menggunakan
 metode
 sensemaking


melalui kegiatan
wawancara mendalam dengan pelaku perubahan pada tiga organisasi bisnis televisi
di Indonesia yang berhasil mengimplementasikan perubahan
transformasional korporat, diperoleh enam atribut individu dari pemimpin dan sembilan atribut
individu dari pelaksana
, yang diperkirakan
mempengaruhi kesiapan individu di tiga organisasi bisnis tersebut untuk berpartisipasi atau bahkan mempromosikan perubahan
sehingga tercapai keberhasilan. Berdasarkan hasil studi kuantitatif menggunakan structural
equation modeling, atribut individu yang
ditemukan signifikan
berpengaruh positif secara langsung terhadap kesiapan
berubah secara berurutan
berdasarkan tingkat dominansi pengaruh
adalah: atribut individu
Rational Thinking dari kategori
Wa
y of Thinking, atribut
individu Hope dari kategori
Ps
ychological Capital, dan enam
atribut  individu  dari  kategori
 Transformational Lead
ership  Behavior
 
dengan Modeling the 
Way
sebagai
atribut individu yang paling dorninan
dari keenam atribut individu
pemimpin
.








Berbeda
dengan penelitian-penelitian   sebelumnya,  penelitian
 ini
tidak menemukan  
efficacy sebagai atribut individu yang signifikan berpengaruh positif terhadap Change Readiness. Perbedaan temuan ini diduga karena
adanya perbedaan nature of industry
dari  obyek penelitian. Sebagian besar penelitian sebelumnya dilakukan pada industri manufaktur dengan tingkat volatilitas yang relatif rendah (stabil)
, keragaman dan kecanggihan preferensi pasar rendah, organisasi berbasiskan kerja tangan atau manufacturing, teknologi informasi dan
komunikasi yang bersifat
tradisional,  keunggulan dinamik pada faktor non sumber
daya manusia,  mobilitas  dan  daya  tawar  sumber 
daya  manusia  rendah,  dan perubahan   organisasi   yang   bersifat  fine-tuning.    Sedangkan  
penelitian   ini
dilakukan pada organisasi bisnis televisi dengan tingkat volatilitas yang relatif tinggi
,  keragaman dan kecanggihan preferensi pasar tinggi,  organisasi berbasiskan
kerja  pikiran  atau m
entofacturing,
 
teknologi  informasi  dan  komunikasi  yang bersifat modem, keunggulan dinamik pada faktor sumber daya manusia,
mobilitas dan daya tawar sumber daya manusia tinggi

dan perubahan
organisasi bersifat
transformasional korporat.




Penelitian ini menemukan bah
wa komitmen
organisasi yang dominan dari karyawan di ketiga organisasi bisnis televisi adalah Continuance Commitment.
Secara teori, pada kondisi semacam
ini lebih diperlukan pemimpin yang
berperilaku transaksional,  yaitu pemimpin  yang mampu
memberikan apa yang menjadi kebutuhan karyawan sebagai imbalan atas kesediaan mereka mendukung
perubahan.  Pada 
perilaku  kepemimpinan  transformasional,  karakteristik pemimpin transaksional
ini ditemukan kesamaannya dengan atribut individu
Mod
eling the Way. Hal ini menjelaskan mengapa inisiatif
perubahan di tiga organisasi bisnis tele
visi  dapat
mencapai basil yang diharapkan, yaitu dikarenakan pemimpin di tiga organisasi
bisnis berperilaku transformasional tetap
dominan pada atribut individu Modeling the Way. Dengan demikian gaya kepemimpinan
yang digunakan sesuai dengan komitmen terhadap
organisasi yang dimiliki karyawan.




Dengan menggunakan temuan dan basil pengujian hipotesis
dari penelitian ini serta
teori yang terkait

telah dihasilkan rancangan model hubungan
atribut individu lead
er dan follower
 
dengan
kesiapan berubah,  yang diberi nama  The Continuum of 
L
eader-Follower
 (Individual) Attribut
es
 of
 Chang
e
 
Readiness.
Model ini kemudian
digabungkan dengan model Kesiapan Berubah menurut Holt et al dengan pengembangan pada perspektif atribut individu. Untuk mempertinggi
keberhasilan manajemen perubahan
, perlu dilakukan serangkaian tindakan intervensi yang bertujuan membentuk dan mengembangkan atribut individu Rational  Thinking, Hope, Modeling
 th
e
 
Way dan Organizational Commitment.
Tiga bentuk intervensi
yang disarankan untuk dilakukan adalah: (1) melibatkan pelaksana dalam proses penetapan sasaran yang menantang, (2) menyusun sistem penghargaan dan dukungan yang sesuai, dan (3)
membangun kontrak kerja psikologis.






Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
760 LQ/LJ Sar
Penerbit Sekolah Pascasarjana IPB : Bogor.,
Deskripsi Fisik
x, 270. : ills., tabs. refs. ; 29 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
760 LQ/LJ
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this