No image available for this title

Rancangan pemetaan UKM untuk meningkatkan keunggul



Penelitian ini bertujuan melakukan
pemetaan secara demografis UKM dan mengidentifikasi permasalahan apa
saja yang dihadapi oleh pelaku UKM di Kabupatan Tasikmalaya unuk
merumuskan strategi membangun keunggulan bersaingnya. Kabupaten
Tasikmalaya memiliki empat potensi dalam kerajinan, seperti bambu,
pandan, mendong dan bordir.
Metode Location Quotient (LQ) diterapkan
untuk memilih orang-orang yang memenuhi syarat untuk menjadi responden
di beberapa Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Hasil pengolahan data
dengan metode LQ menunjukkan bahwa lokasi potensial pengembangan UKM
berada di Kecamatan Cisayong, Pagerageng, Manonjaya dan Cikatomas,
sehingga penelitian difokuskan pada UKM yang ada di daerah tersebut.
Selanjutnya, analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi
faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi keberhasilan UKM
di Tasikmalaya. Bahan baku dan keterampilan masyarakat Tasik menjadi
kekuatan keberhasilan pengrajin Tasikmalaya. Kelemahan difokuskan pada
pembatasan pendanaan menyebabkan masalah dalam mengelola produksi untuk
pesanan dalam jumlah besar. Peluang pemasaran saat ini mencapai Spanyol,
Italia, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea dan beberapa negara di Timur
Tengah. Ancaman terkait dengan adanya produk serupa dari negara lain
dengan harga yang relatif lebih rendah. Untuk menciptakan keungulan
kompetitif UKM, diperlukan beberapa langkah terobosan, baik dalam bentuk
kebijakan maupun program nyata. Perlu disusun sebuah grand design untuk
pengembangan UKM, sehingga pengembangannya bisa dilakukan secara
teratur, terukur dan terarah. Rencana tersebut mencakup berbagai macam
aspek, seperti pemasaran, produksi, SDM, pendanaan dan aspek terkait
lainnya. Pada tataran program konkrit, aktivitas yang perlu segera
dilakukan antara lain pemberian soft loan (KUR diefektifkan), bantuan
peralatan produksi moderen (untuk peningkatan produktivitas dan
kualitas), pengembangan kapasitas SDM (manajemen usaha, teknologi,
kreativitas), serta penggunaan teknologi informasi untuk memperluas
jaringan pemasaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Lembaga Management FEUI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
p. 162 - 174
Bahasa
ISBN/ISSN
0302-9859
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this