Detail Cantuman
Advanced SearchANALISIS MODEL BISNIS PASCA PEMBENTUKAN STRATEGIC
Era globalisasi ekonomi yang disertai
dengan pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada makin ketatnya persaingan
dan terjadinya perubahan lingkungan usaha yang begitu cepat, sehingga perusahaan di Indonesia harus dapat menerima
tantangan dari perusahaan sejenis yang lebih efisien. Penelitian ini bertujuan
untuk melakukan analisis model bisnis operating company (opco) yaitu PT Semen Tonasa dan synergy value antara
operating company dengan holding company pasca pembentukan strategic
holding PT Semen Indonesia (Persero),
tbk baik dari aspek operasi dan
efisiensi biaya. Penelitian ini di laksanakan di PT Semen Tonasa dengan
melakukan wawancara langsung dengan Manajemen PT Semen Tonasa yaitu Jajaran
Direksi dan General Manager serta karyawan terkait dengan penelitian ini. Hasil
wawancara dan data di analisis dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
Bisnis Model Kanvas dengan Sembilan elemen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasca pembentukan strategic holding
PT Semen Tonasa harus melakukan redisgn model bisnis terutama terkait dengan
customer segment, value proposition, revenue stream, key resources dan key
activities. Pembentukan strategic holding juga meningkatkan synergy value
dibidang pemasaran, distribusi, produksi, pengembangan Sumber Daya Manusia,
sistem informasi dan sinergi keuangan pada PT Semen Tonasa dan Group PT Semen
Indonesia (Persero), Tbk. Sinergi tersebut
berdampak pada peningkatan efisiensi operasi dan efisiensi biaya untuk
terciptanya pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan.
Kata
Kunci : Bisnis model, Strategic
holding, Sinergy Value
The
era of economic globalization, along with the rapid technological developments
have an impact on the increasingly intense competition and the business
environment changes so fast, so that companies in Indonesia must be able to
accept the challenge of a more efficient peers. The study aims to analyze the
model operating company (OPCO), namely PT. Semen Tonasa value and synergy
between the operating company to the holding company after the formation of a
strategic holding cement PT Indonesia (Persero), Tbk both aspects of operation
and cost efficiency. This research was conducted in PT. Semen Tonasa with
direct interviews with the management of PT. Semen Tonasa that the board of
directors and general manager and the employees associated with this research.
Interviews and data analysis with a qualitative approach using a business model
of canvas with nine elements. The results showed that after the formation of a
strategic holding company PT Semen Tonasa should do redisgn business model is
primarily associated with customer segment, value proposition, revenue streams,
key resources and key activities. The formation of strategic holding also
increase synergy value in marketing, distribution, production, human resource
development, information systems and financial synergies in PT Semen Tonasa and
Group PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. The synergy impact on improving
operating efficiencies and cost efficiency for the creation of sustainable
growth performance.
Keywords : Business Model, Strategic holding,
Sinergy Value
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | PPM School Of Management : Denpasar., 2014 |
Deskripsi Fisik |
34 p., figs., tabs., refs.,
|
Bahasa | |
ISBN/ISSN |
2086 - 0390
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain