No image available for this title

Rencana strategis pengembangan bisnis PT Satya Aba



Distribusi dan pemasaran alat-alat
kesehatan saat ini merupakan bidang bisnis yangdiperkirakan dapat berkembang
dengan pesat. Peluang untuk mendapatkan keuntungan terbuka lebar ditengah
semakin pesatnya pembangunan rumah sakit di Indonesia dan juga banyaknya rumah
sakit yang harus memperbaharui alat-alatnya yang sudah usang agar tetap dapat
menjaga kualitas pelayanan.

Peluang ini dimanfaatkan oleh Graha Farma
dengan mendirikan anak perusahaan, PT Satya Abadi Visimed (PT. SAV) pada tahun
2012. Perusahaan yang memiliki aktifitas utama sebagai agen, pemasaran,
importir, instalatir dan layanan purna jual peralatan kesehatan ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi perusahaan induk. Target
penjualan telah ditetapkan hingga 2016dengan menjadikan rumah sakit tipe A dan
B sebagai target market utamanya.

Peluang bisnis peralatan kesehatan yang
menjanjikan keuntungan tentunya tidak luput dari permasalahan. Persaingan yang
sangat ketat serta ketergantungan yang sangat besar terhadap produsen alat
kesehatan (prinsipal) dan para sumber daya kunci, yang sering kali menjadi
penghubung perusahaan dengan prinsipal, menjadi permasalahan umum yang dapat
menjadi hambatan bagi PT. SAV dalam mengejar target yang telah ditetapkan.

Dengan menggunakan kanvas
model bisnis Osterwalder dan Pigneur (2010), kami berusaha untuk memetakan
model bisnis PT. SAV saat ini untuk selanjutnya dianalisa dengan
mengidentifikasi peluang dan ancaman (analisis eksternal) serta kekuatan dan kelemahan
(analisis internal) yang dihadapi. Berdasarkan hasil analisis eksternal dan internal
tersebut kami berusaha untuk mengembangkan model bisnis PT. SAV dengan melakukan
perubahan/modifikasi pada setiap komponennya. Dari hasil pengembangan model
bisnis tersebut ditemukan beberapa aktifitas kunci dan pengembangan sumber daya
yang dapat meningkatkan pendapatan dan menjaga kelangsungan hidup PT SAV.Dengan
demikian pada masa yang akan datang PT. SAV diharapkan akan unggul dalam persaingan,
tidak lagi sepenuhnya bergantung pada prinsipal dan sumber daya kunci tertentu
serta dapat menunjukkan kinerja terbaik untuk menghasilkan keuntungan yang terus
meningkat.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit PPM School Of Management : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 115 p. : figs., tabs. ; 28 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this