No image available for this title

Strategi pemasaran di rumah sakit ibu dan anak Asi



Persaingan di industri rumah sakit semakin tinggi sehubungan dengan meningkatnya rumah sakit bersalin dan rumah sakit ibu dan anak yang menawarkan jasa persalinan dengan berbagai keunggulan.Persaingan yang meningkat menuntut para pelaku bisnis untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik, tak terkecuali Rumah Sakit Ibu dan Anak Asih Balikpapan, selaku pelaku bisnis di industry rumah sakit.Kepuasan pelanggan dinilai menjadi suatu hal yang penting oleh pihak manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak Asih Balikpapan.
Berdasarkan hasil penelitian dalam masa kerja praktek terlihat bahwa jumlah tingkat ketersediaan tempat tidur di kota Balikpapan pada tahun 2013 berjumlah 1354 tempat tidur sedangkan dari hasil tempat tidur di rumah sakit yang berada di Balikpapan masih 897 buah sehingga masih kurang 457 tempat tidur. Karena itu kami dari pihak manajemen RSIA Asih membangun 50 tempat tidur untuk menambah tingkat okupansi dari pelayanan rumah sakit yang ada di Balikpapan dan ini belum menunjukkan bahwa kualitas tingkat okupansi di RSIA Asih belum memberikan kepuasan yang optimal. Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan studi mengenai penciptaan strategi pemasaran di Rumah Sakit Ibu dan AnakAsih Balikpapan untuk periode 2014-2016.
Pendekatan yang digunakan dalam penciptaan strategi-strategi pemasaran di Rumah Sakit Ibu dan Anak Asih Balikpapan untuk periode 2014-2016 adalah analisis eksternal (PESTEL dan Five Forces Porter) dan analisis internal (STP dan 7P) dari RSIA Asih. Setelah itu akan dilakukan analisis SWOT Matriks dalam rangka menciptakan strategi-strategi yang sesuai dengan kondisi eksternal dan internal RSIA. Strategi-strategi alternatif yang dihasilkan melalui pendekatan SWOT Matriks, akan dipilih tiga strategi terbaik dengan menggunakan konsep analisi skeputusan MINAUT.
Berdasarkan hasil analisis diatas, strategi yang paling sesuai untukmeningkatkan konsumen RSIA yaitu strategi bekerja sama dengan puskesmas dan bidan sekitar, menyediakan layanan antar jemput pasien bersalin, memasang neon box di pinggir jalan raya, menawarkan promosi membership kepada konsumen, promosi melalui spanduk dan banner. Untuk menunjang implementasi keenam strategi tersebut telah dirumuskan action plan untuk masing-masing strategi.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit PPM School Of Management : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xi, 65 p. : figs., tabs. ; 28 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this