Detail Cantuman
Advanced SearchRancangan penyempurnaan sistem manajemen kinerja P
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancangan
penyempurnaan sistem manajemen kinerja PT. Bevananda Mustika. Penyempurnaan
manajemen kinerja digunakan sebagai langkah strategis untuk mengelola kinerja
karyawan PT. BM yang masih memiliki produktivitas dan kualitas kinerja yang
belum sesuai dengan harapan perusahaan. Bersifat strategis karena manajemen
kinerja memiliki hubungan vertikal dengan sasaran strategis perusahaan, dan
memiliki hubungan horisontal dengan kegiatan pengelolaan SDM lainnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan
pendekatan teori strategi bisnis dan MSDM Miles dan Snow (1984), dan teori
manajemen kinerja yang dikemukakan oleh Armstrong (1994), Grote (1996) dan
Aguinis (2009). Sedangkan untuk pengukuran kinerja menggunakan teori mixed
model Spencer dan Spencer (1993) dimana untuk mengukur hasil digunakan tools
Balanced Scorecard Kaplan dan Norton (1996) dan untuk mengukur proses
digunakan kompetensi yang dijelaskan oleh Palan (2007). Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, FGD, dan kuesioner persepsi karyawan yang
dirancang oleh Weiss dan Hartle (1997). Pada tahap perencanaan kinerja,
ditemukan bahwa sasaran kinerja tidak diturunkan dari sasaran bisnis
perusahaan; pada tahap pelaksanaan kinerja ditemukan bahwa atasan belum
melakukan coaching dan mentoring terhadap bawahan secara efektif;
pada tahap penilaian kinerja ditemukan bahwa sistem penilaian sudah ada, namun
belum seluruh karyawan memahaminya; pada tahap tindak lanjut, ditemukan bahwa
karyawan merasa bonus yang diberikan tidak sesuai dengan hasil kinerja. Hasil
rancangan penyempurnaan manajemen kinerja di PT. Bevananda Mustika pada tahap
perencanaan adalah diturunkannya sasaran kinerja perusahaan kepada sasaran
kinerja divisi, grup, dan individu serta disusunnya format kontrak kinerja.
Pada tahap pelaksanaan disusun pedoman briefing dan monitoring kinerja.
Pada tahap penilaian, disusun rumus untuk menghitung nilai KPI, serta mekanisme
self appraisal. Pada tahap tindak lanjut, disusun mekanisme pemberian reward,
termasuk rumus untuk menghitung bonus.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | PPM School Of Management : Jakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xiii, 287 p. : figs., tabs. ; 28 cm.
|
Bahasa | |
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain