No image available for this title

Penyusunan rancangan perbaikan terhadap penumpukan



PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufaturing (Perakitan Mesin) atau biasa disebut dengan PT. MKM II bergerak dalam industri kendaraan bermotor, khususnya kendaraan niaga PT. MKM II adalah salah satu dari anakan perusahaan Mitsubishi yang memiliki kegiatan produksi berupa perakitan mesin utuh yang akan disatukan dengan bagian mobil lainnya.
Salah satu area kerja di PT. MKM II yaitu Production Planning and Control (PPC) bertugas untuk merencanakan, mengendalikan, mencatat, dan menyimpan barang sesuai dengan ketentuan perusahaan. Pengelolahan persediaan berupa blank material,  Work-in-process,  dan finished good crankshaft di salahsatu production line belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari tingkat persediaan dan penumpukan yang terjadi di salah satu stock area. Jika ditinjau dari sistem Just-in-time, penumpukan persediaan ini adalah salah satu bentuk pemborosan yang harus dihilangkan. Tujuan dari menghilangkan pemborosan adalah untuk membuat perusahaan menjadi lean (ramping).
Pentingnya menyusun rancangan perbaikan terhadap masalah penumpukan persedian berpotensi untuk mengurangi biaya  beban dan membuat perusahaan dapat berinvestasi dalam fasilitas pabrik lainnya. Rancangan perbaikan juga memberi efek penurunan tingkat frekuensi kerusakan mesin dan tingkat barang cacat. Hal positif yang akan didapat jika mengunakan sistem Just-in-time adalah jumlah persediaan mendekati angka 0, target produksi tercapai, kualitas barang meningkat dan kelak meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk PT. MKM II.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit PPM School Of Management : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xviii, 118 p. : figs., tabs. ; 28cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this