No image available for this title

Perancangan ulang tata letak (lay out) fasilitas p



Statement of the Problem
CV. PLADE.CO merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi pembuatan furniture. Kondisi ruang workshop sangat berantakan dimana banyak barang-barang seperti kayu sisa produksi ditaruh di tempat yang sembarangan. Alat-alat perkakas juga terlihat tergeletak sembarangan tanpa adanya ruangan khusus yang menyimpan barang-barang tersebut. Selain itu, jarak atau space antara satu barang atau mesin atau lemari sangat rapat. Alur proses produksi terjadi persilangan sehingga membuat proses produksi tidak lancar. Dengan permasalahan yang ada maka perlunya tata ulang lay out fasilitas pabrik di CV. PLADE.CO.

Research Method Used
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan data primer yaitu perhitungan kecepatan rata-rata perpindahan material sehingga akan didapatkan waktu perpindahan material pada lay out saat ini. Hasil perhitungan waktu perpindahan material pada lay out saat ini menjadi dasar untuk merancang lay out yang baru. Lay out yang ada kemudian dimintakan pendapat kepada karyawan melalui kuesioner untuk memilih pilihan lay out terbaik.

Summary of Findings, Conclusion, and Recommendations:
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa berdasarkan perhitungan kecepatan perpindahan material diketahui bahwa pilihan terbaik jatuh kepada rancangan lay out alternatif II dan berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada karyawan memilih lay out alternatif II. Maka berdasarkan analisa yang telah dilakukan penulis merekomendasikan untuk memilih lay out alternatif ke II.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit PPM School Of Management : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 83 p. : figs., tabs. ; 28cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this