Detail Cantuman
Advanced SearchKAI digitalisasi melambungkan bisnis
Rail Ticketing System adalah induk sistem TI di KAI yang melahirkan berbagai varian aplikasi digital untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa kereta api. Hasilnya, selain layanan makin baik, kinerja pun meroket.
Tonggak digitalisasi KAI
- Melantik M. Kuncoro Wibowo sebagi Direktur SDM, UMUM dan Teknologi Informasi KAI
- Bersinergi dengan Telkom dalam mengembangkan sistem TI
- Menerapkan revenue sharing dalam membagi persentase keuntungan dengan mitra kerja
- Meluncurkan Rail Ticketing System untuk rute jarak jauh (tahun 2012)
- Menerapkan layanan pemesanan tiket melalui Pos Indonesia, Contact Center 121, ponsel (layanan telepon), mobile ticketing (mobil penjualan tiket), hingga Indomaret.
- Menyediakan e-ticketing di KRL Jabodetabek dan kereta Medan-Bandara Kualanamu pada 2013
- Meluncurkan aplikasi Loco Tracking pada 2014
- Sebelum ada Rail Ticketing System, jumlah penumpang di tiap gerbong membludak hingga 100 orang, tetapi setelah diberlakukan sistem ini, menyusut hingga 70-80 orang.
- Penumpang mudah memesan melalui internet yang berbasis web.
- Kinerja keuangan KAI terpacu. Laba bersih 2014 meroket 68% dari Rp 560 miliar pada 2013 menjadi Rp 943 miliar.
- Penghematan biaya sebesar Rp 22-25 miliar
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Swasembada Media Bisnis : Jakarta., 9 - 22 Juni 2016 |
Deskripsi Fisik |
p. 49 - 51
|
Bahasa | |
ISBN/ISSN |
2339-1885
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain