No image available for this title

ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN PENGE



Abstrak   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara deskriptif penerapan manajemen pengetahuan dan pengetahuan berbasis strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan serta strategi-strategi untuk mengatasi kendala dalam penerapanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran sekuensial/bertahap terutama metode eksploratori sekuensial. Dalam tahap pertama mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dalam menjawab rumusan masalah. Untuk melengkapi data kualitatif pada tahap kedua digunakan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan di SMK YPUI Parung yang diukur dengan menggunakan 7 (tujuh) dimensi pengukuran yaitu mencipta pengetahuan, menyimpan pengetahuan, berbagi pengetahuan, memperbaharui pengetahuan, kepemimpinan, teknologi, dan budaya  diklasifikasikan baik. Penerapan pengetahuan berbasis strategi juga diklasifikasikan baik. Perpaduan antara pengetahuan yang dimiliki, kapabilitas dan Sumber daya yang ada digabungkan dengan strategi bisnis yang dimiliki menghasilkan performa SMK YPUI Parung lebih bagus dibandingkan kompetitornya bahkan mampu menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan. Sebuah model keunggulan bersaing berkelanjutan SMK YPUI Parung sebagai hasil penelitian ini.   Kata Kunci: Manajemen pengetahuan, pengetahuan berbasis strategi, keunggulan bersaing, sekolah menengah kejuruan   Abstract The aim of this study was to determine and analysis implementation of knowledge management and knowledge based-strategy to create sustainable competitive advantages as well as strategies to overcome the obstacles in their applicapility. In this research used mixed methode squential/gradual (squential mixed methods) mainly exploratory squential method. At the step collecting and analyzing qualitatif data to answer the problem formulation. To complete qualitatif data used in the second step of quantitatif data. The knowledge management and knowledge based-strategy has been implemented in YPUI Parung Vocational School. Based on the diagnostic result knowledge management implementation perception in YPUI Vocational School was measured using seven (7) dimention, the are knowledge creation, knowledge storage, knowledge sharing, knowledge update, leadership, technology dan culture show good results. While the knowledge based-strategy implementation also good results. The combination of the knowledge, capabilities and resource that are combined with a business strategy that is owned generating performance YPUI Parung Vocational School better than its competitors even able to create a sustainable competitive advantage. A model of sustainable competitive advantages YPUI Parung Vocational School as the outcome of this research.   Keyword: Knowledge management, knowledge-based strategy, competitive advantage, vocational school




Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STM PPM Manajemen : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
14p; tabs; Pics; refs
Bahasa
ISBN/ISSN
ISSN : 2086 - 0390
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this