No image available for this title

PERILAKU KARYAWAN YANG MENDUKUNG INOVASI: STUDI KA



ABSTRAK Dinamika ekonomi global menciptakan tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Salah satunya adalah untuk menciptakan sebuah persepsi pasar yang positif dengan memberikan keunggulan kompetitif yang dapat diturunkan dari strategi generik organisasi: overall low-cost leadership, diferensiasi, dan fokus. Organisasi yang ingin mendapatkan keunggulan kompetitif melalui strategi diferensiasi perlu menargetkan produknya pada segmen pasar yang luas berdasarkan atribut tertentu. Sebagai salah satu karakteristik strategi diferensiasi, keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui inovasi. Untuk menerapkan strategi tersebut, diperlukan serangkaian perilaku yang spesifik dari karyawan dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perilaku karyawan yang dibutuhkan untuk mendorong inovasi dalam organisasi. Menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini dilakukan pada PT XY, sebuah perusahaan consumer goods yang berbasis di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada manager-manager PT XY sebagai informan. Penelitian ini mengonfirmasi model Schuler dan Jackson (1987), bahwa perilaku karyawan yang mendukung inovasi diantaranya adalah high of creativity, longer-term focus, high degree of cooperation and interdependence, equal attention to process and results, dan high degree of risk-taking. Selain itu, terdapat satu perilaku yang muncul yang belum terangkum dalam model Schuler dan Jackson (1987), yaitu personal initiatives.  Kata Kunci: inovasi, keunggulan bersaing, perilaku karyawan, strategi organisasi   EMPLOYEE BEHAVIOR THAT FOSTER INNOVATION: A CASE STUDY OF PT XY   ABSTRACT The dynamics of global economy creates challenge for business. One of them is to build a positive market perception by creating competitive advantages derived from generic strategies: overall low-cost leadership, differentiation and focus. Organization that wish to gain competitive advantage through differentiation strategy shall targeting to a broad market segment based on particular attribute which can be achieved through innovation. To implement the strategy, particular employee behaviors are required. This research aims to explain the required employee behavior to foster innovation in organization. Using qualitative approach and case study method, this research were conducted in PT XY, an Indonesian company engaged in consumer goods industry. Data were gathered through in-depth interview with PT XY managers. This research confirming Schuler and Jackson (1987) model; required employee behaviors that foster innovation are: high of creativity, longer-term focus, high degree of cooperation and interdependence, equal attention to process and results, and high degree of risk-taking. Nonetheless, there is one behavior that was revealed but not included in the model: personal initiatives.  Keywords: innovation, competitive advantage, employee behavior, organization strategy 




Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STM PPM Manajemen : Lombok.,
Deskripsi Fisik
12p; tabs; pics; refs
Bahasa
ISBN/ISSN
ISSN : 2086 - 0390
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this