No image available for this title

The Effect of Trust and Brand Engagement on Mobile



ABSTRAK Industri penyedia jasa telekomunikasi seluler tumbuh dengan pesat akhir-akhir ini. Hal tersebut menyebabkan terjadinya persaingan industri yang ketat diantara perusahaan-perusahaan penyedia jasa telekomunikasi seluler. Di dalam sebuah kompetisi yang ketat, hanya perusahaan yang mampu menciptakan loyalitas yang akan mampu bertahan. Saat ini telah banyak variabel yang dibuktikan sebagai variabel yang mempengaruhi loyalitas. Akan tetapi belum banyak riset yang meneliti pengaruh kepercayaan merek dan brand engagement. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepercayaan merek dan brand engagament terhadap loyalitas. Seratus delapan puluh satu responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dianalisis dengan menggunakan CBSEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand engagament merupakan variabel yang memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas. Sedangkan kepercayaan merek hanya memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas melalui brand engagament. Model konseptual yang dibangun pada penelitian ini merupakan kontribusi teoritis yang diberikan sedangkan secara praktis hasil penelitian ini memberikan gambaran kepada praktisi tentang bagaimana cara untuk meningkatkan loyalitas berbasis kepercayaan merek dan brand engagement. Kata Kunci: kepercayaan merek, brand engagament, loyalitas, telekomunikasi seluler       ABSTRACT   Mobile telecommunication providers grow rapidly in these days. This situation makes a tight competition among the mobile telecommunication companies. In a tight business competition, only companies that can create customer loyalty would sustain their business. To date, many variables have been proven as the determinant of loyalty. However, only few studies have been oriented to determine the effect of trust and brand engagement in creating loyalty. Hence, this study aims to determine the effect of trust and brand engagement on loyalty. One hundred and eighty one respondents participated in this study. Data was analysed by using CBSEM. The results show that brand engagement has a positive direct effect on loyalty while trust only has an indirect effect through brand engagement. The conceptual model built in this study is a theoretical contribution provided by this study. In the practical standpoint, this study provides an insight for practitioners about enhancing loyalty in mobile telecommunication industry based on trust and brand engagement. Keywords: trust, brand engagement, loyalty, mobile telecommunication




Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STM PPM Manajemen : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
8p: tabs; pics; refs
Bahasa
ISBN/ISSN
ISSN : 2086 - 0390
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this