No image available for this title

Printed Material

Perancangan Model Struktural Hubungan Atribut Individu dan Kesiapan Berubah-Studi Kualitatif Menggunakan Sensemaking



Dalam lima tahun terakhir, terdapat tiga perusahaan televisi swasta nasional di Indonesia
yang berhasil melakukan perubahan transformasional di tingkat korporat. Secara teori,
implementasi perubahan pada organisasi semacam ini akan sulit dilakukan karena tingkat
resistensi tidak sama dengan nol (Ansoff&McDonnell, 1990). Resisting Change
merupakan salah satu dimensi dari kesiapan berubah yang bersifat negatif. Dua dimensi
lainnya yang bersifat positif adalah Participating and Promoting Change (Hanpachern,
Morgan & Griego, 1998). Holt et al (2007) mengkategorikan anteseden kesiapan berubah
dalam empat perspektif: content, context, process, dan individual attributes. Dari
keempat perspektif tersebut, faktor kunci kesiapan organisasi untuk berubah terletak pada
faktor atribut individu yaitu karakteristik dari sumber daya manusia. Penelitian ini
merupakan studi eksplorasi yang bertujuan mengetahui atribut individu apa yang dimiliki
dan memampukan karyawan di tiga perusahaan tersebut siap menghadapi dan sukses
mengimplementasikan perubahan. Apakah temuan sama dengan hasil penelitian
sebelumnya di negeri barat yaitu efficacy dan leadership, atau ditemukan adanya atribut
individu lainnya. Penelitian ini merupakan bagian pertama dari dua tahapan studi yang
dilakukan secara terpisah. Pada penelitian tahap pertama yang bersifat kualitatif ini
dilakukan wawancara individual secara mendalam terhadap narasumber pelaku utama
perubahan pada tiga perusahaan televisi yang menjadi obyek studi. Data diolah dan
dianalisis menggunakan sense-making melalui analisis baris. Hasil penelitian berhasil
mengidentifikasi 15 atribut individu yang kemudian dikelompokkan menjadi empat
kategori, yaitu: Psychological Capital, Transformational Leadership Behavior, Way of
Thinking dan Organizational Commiment. Atribut individu yang muncul dikemukakan
oleh seluruh narasumber adalah Efficacy, Resiliency, Optimism, Inspiring a Shared
Vision, Enabling Others to Act, Modeling The Way, Rational Thinking dan Affective
Commitment. Modeling the Way dtemukan sebagai atribut individu yang paling sering
dikemukakan oleh seluruh narasumber, diikuti Affective Commitment, Enabling Others to
Act dan Resiliency.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Journal of Management and Business Review
No. Panggil
-
Penerbit STM PPM Manajemen : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
pdf; E-Journal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol.10, No.2, July 2013
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this