Image of Prospek Industri dan Pemasaran Polystyrene di Indonesia

Electronic Materials

Prospek Industri dan Pemasaran Polystyrene di Indonesia



Industri polystryrene di Indonesia menunjukan perkembangan yang kurang menggembirakan. Dengan gugurnya beberapa produsen, maka produsen yang masih tersisa harus berproduksi maksimal. Bahkan tingkat utilisasi produksinya berada di kisaran 95%-100% dari total kapasitas terpasang.

Apalagi industri pemakai bahan kimia ini yaitu pada industri hilir seperti industri elektronika, home appliance, kemasan consumer goods, packaging, styrofor terus meningkat. Namun karena kondisi Pandemic menjelang 2 tahun terakhir, pemakaiannya cukup terganggu.

Pemerintah juga tidak tinggal diam, dengan memberikan sejumlah kemudahan seperti menyediakan fasilitas Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) lewat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 209 Tahun 2018 tentang Bea Masuk Ditanggung Pemerintah Sektor Industri Tertentu. Disamping itu pemerintahpun juga menyiapkan beberapa insentif fiskal dan nonfiskal bagi investasi di sektor ini, seperti tax holiday dan tax allowance.

Begitu besarnya perhatian pemerintah agar industri polystyrene tetap tumbuh, ternyata disisi lain industri ini dihadapi persoalan yang sangat komplek dari dulu hingga sekarang yakni banjirnya produk impor dalam jumlah cukup besar. Bila tidak mampu bertahan, maka perusahaan yang ada saat ini, bisa mengikuti jejak perusahaan sebelumnya. PT Bentala Agung, PT Maspion Polystyrene, PT Arbe Styrindo yang menutup produksinya, PT Polychem Lindo di Merak, merubah haluan kebisnis lain


Ketersediaan

BIZ069-1Reference (Hardisk Server)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
BIZTEKA Industri dan Komoditi
No. Panggil
-
Penerbit PT. Citra Cendekia Indonesia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
PDF
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2540-9603
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
other
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
069/July/2021
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this