No image available for this title

Dari Linnaeus sampai Monsanto



Buku ini membahas ketidakadilan pemanfaatan sumberdaya hayati yang sedang terjadi secara mengglobal. Buku ini juga menguraikan posisi Indonesia dalam isu global tersebut.
Bab pertama menguraikan sebab-sebab terjadinya penyebaran sumberdaya hayati secara tidak adil dan bagaimana sejarah pemanfaatannya, mulai dari jaman kolonialisme konvensional (penjajahan dengan penguasaan lahan dan sumberdayanya) sampai pada era kolonialisme modern (penjajahan dengan penguasaan akses dan kontrol terhadap sumberdaya melalui peraturan-peraturan internasiona yang diakui).
Bab kedua menggambarkan kekayaan Indonesia yang tidak digunakan untuk kepentingan rakyat. Bab ketiga menggambarkan Indonesia, seperti kebanyakan negara berkembang, tampak tidak siap mengantisipasi isu ini.
Dan bab keempat, yaitu bab yang terakhir menjelaskan mengenai pentingnya pengakuan atas hak-hak masyarakat adat terhadap sumberdaya hayati. Pengakuan tersebut sangat penting, karena bagi masyarakat adat sumberdaya hayati tidak sekadar bernilai ekonomis, tapi juga mempunyai nilai-nilai budaya, sosial,bahkan nilai spiritual.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
JNE 5535 Muh
Penerbit Pustaka Latin : Bogor.,
Deskripsi Fisik
91 p. : bibs., 24 cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
JNE 5535
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this